A.
Pengertian
Organisasi dari tokoh
Apa itu organisasi? Kalau menurut
Wikipedia organisasi itu adalah suatu kelompok orang dalam suatu wadah
untuk tujuan bersama. Sedangkan menurut para ahli terdapat pengertian organisasi,
diantaranya:
·
Stoner mengatakan bahwa organisasi adalah Suatu pola
interaksi antara atasan kepada bawahan untuk mencapai tujuan bersama
·
James D. Mooney mengemukakan bahwa organisasi adalah
bentuk setiap perserikatan manusia untuk mencapai tujuan bersama.
·
Chester I. Bernard berpendapat bahwa organisasi adalah
merupakan sebuah sistem kerjasama yang dilakukan oleh dua orang atau lebih.
·
Stephen P. Robbins menyatakan bahwa Organisasi adalah
kesatuan sosial yang secara sadar di koordinasi dan dengan sengaja disusun dan
mempunyai batasan yang secara relatif dapat diidentifikasi dalam mencapai
tujuan bersama
Jadi,menurut pendapat saya organisasi
adalah sebuah wadah/tempat dari sekumpulan orang yang memiliki satu tujuan yang
sama.
Apakah organisasi itu penting? Menurut
saya organisasi itu penting, karena manusia adalah mahluk sosial yang cenderung
untuk hidup bersama – sama atau bermasyarakat. Tanpa adanya kerjasama
menyebabkan mereka tidak mampu mewujudkan tujuannya karena keterbatasan
kemampuan, oleh karena itu hal tersebut yang mendasari manusia untuk hidup
dalam berorganisasi.
Selain itu kita juga dapat berbagi ilmu atau
bertukar pikiran kepada anggota organisasi tersebut dan kita juga diajarkan
untuk menghargai pendapat orang lain. Dengan berorganisasi kita juga dapat
menambah teman sehingga jika kita memiliki kesulitan akan saling membantu.
B. Ciri-
ciri unsur organisasi
Ilmu organisasi adalah ilmu yang penting
dimiliki, karena dalam kehidupan kita tidak terlepas dari organisasi, dimulai
dari yang sering kita digunakan dalam sehari – hari seperti dalam keluarga
hingga struktur yang rumit seperti organisasi pemerintahan.
Ciri-ciri dari organisasi adalah :
·
Adanya komponen ( atasan dan bawahan).
·
Adanya kerja sama (cooperative yang berstruktur dari
sekelompok orang.
·
Adanya tujuan.
·
Adanya sasaran.
·
Adanya keterikatan format dan tata tertib yang harus
ditaati.
·
Adanya pendelegasian wewenang dan koordinasi
tugas-tugas.
·
Adanya komunikasi antar suatu anggota dengan yang
lain.
Menurut Berelson dan Steiner(1964:55) sebuah organisasi memiliki ciri-ciri
sebagai berikut :
Formalitas, merupakan ciri organisasi sosial yang menunjuk kepada adanya
perumusan tertulis daripada peratutan-peraturan, ketetapan-ketetapan, prosedur,
kebijaksanaan, tujuan, strategi, dan seterusnya.
Hierarkhi, merupakan ciri organisasi yang menunjuk pada adanya suatu pola
kekuasaan dan wewenang yang berbentuk piramida, artinya ada orang-orang
tertentu yang memiliki kedudukan dan kekuasaan serta wewenang yang lebih tinggi
daripada anggota biasa pada organisasi tersebut.
Besarnya dan Kompleksnya, dalam hal ini pada umumnya organisasi sosial
memiliki banyak anggota sehingga hubungan sosial antar anggota adalah tidak
langsung (impersonal), gejala ini biasanya dikenal dengan gejala “birokrasi”.
Lamanya (duration), menunjuk pada diri bahwa eksistensi suatu organisasi
lebih lama daripada keanggotaan orang-orang dalam organisasi itu.
Namun berdasarkan pelajaran teori
organisasi umum yang telah diajarkan, dalam catatan saya ciri –ciri organisasi
meliputi :
o Lembaga
sosial yang terdiri atas kumpulan orang denga berbagai pola interaksi yang di
tetapkan.
o Dikembangkan
untuk mencapai tujuan
o Secara sadar
di koordinasi dan dengan sengaja disusun
o Mempunyai
batasan yang secara relatif dapat diidentifikasi
Unsur – unsur Organisasi
·
Manusia
Dalam
kehidupan organisasi atau ketatalembagaan sering disebut dengan istilah pegawai.
·
Kerjasama
Kerjasama
merupakan suatu perbuatan bantu-membantu akan suatu perbuatan yang dilakukan
secara bersama-sama untuk mencapai tujuan bersama
·
Tujuan bersama
Tujuan
merupakan arah atau sasaran yang dicapai. Tujuan menggambarkan tentang apa yang
akan dicapai atau yang diharapkan. Tujuan merupakan titik akhir tentang apa
yang harus dikerjakan.
·
Peralatan
·
Lingkungan
Faktor
lingkungan misalnya keadaan sosial, budaya, ekonomi, dan teknologi. kebijaksanaan,
strategi, anggaran, dan peraturan-peraturan yang telah ditetapkan.
·
Kekayaan alam
·
Kerangka/kontruksi mental organisasi
C.
Bentuk –bentuk bagan struktur organisasi
A. Bagan Horizontal
Mengapa bagan
tersebut di katakan horizontal? karena pada bagan tersebut jika semakin banyak
jabatan-jabatan yang di buat dalam perusahaan tersebut maka bagan ini akan
semakin luas menyamping
Bagan Struktur Organisasi Berbentuk Horizontal
B. Bagan Vertikal
Bagan
vertikal adalah kebalikan dari bagan Horizontal. Bagan Vertikal pada umumnya
bagan ini jika dalam perusahaan banyak sekali jabatan atau kepala-kepala bagian
dari masing-masing divisi maka bagan ini akan semakin panjang ke bawah.
Bagan Struktur Organisasi Berbentuk Vertikal
C. Bagan Lingkaran
Kenapa bagan ini
berbentuk lingkaran? karna mungkin dalam suatu perusahaan memang sangat memiliki
perbedaan tersendiri dalam menyusun bagian-bagian dari perusahaan itu tersebut
oleh karena itu banyak sekali model bagan yang terbentuk. Pada model bagan ini jika setiap penambahan
anggota maka bagan ini akan bertambah diameternya dan semakin membesar.
Bagan Struktur Organisasi Berbentuk Lingkaran
D. Bagan Piramid
Bagan ini sangat mudah
digunakan karna bentuknya seperti Piramid yang menempatkan bagian-bagian dalam
perusahaan yang paling tertinggi di letakan pada bagian TOP dan untuk karyawan
di letakan MID dan untuk Office Boy di letakan pada Bagian LOWER.
Bagan Piramid
Menurut sumber
yang di dapatkan, pada umumnya bagan
yang paling sering di gunakan adalah bagan Horizontal dan bagan Vertikal karena
bentuk dan pola yang cukup simpel sehingga lebih mudah di mengerti oleh banyak
orang.
Referensi
0 komentar:
Posting Komentar