Rabu, 30 September 2015

Teori Organisasi Umum

   TUGAS 1

    A.    Pengertian Organisasi dari tokoh
     Apa itu organisasi? Kalau menurut Wikipedia organisasi itu adalah suatu kelompok orang dalam suatu wadah untuk tujuan bersama. Sedangkan menurut para ahli terdapat pengertian organisasi, diantaranya:

    ·         Stoner mengatakan bahwa organisasi adalah Suatu pola interaksi antara atasan kepada bawahan untuk mencapai tujuan bersama
    ·         James D. Mooney mengemukakan bahwa organisasi adalah bentuk setiap perserikatan manusia untuk mencapai tujuan bersama.
    ·         Chester I. Bernard berpendapat bahwa organisasi adalah merupakan sebuah sistem kerjasama yang dilakukan oleh dua orang atau lebih.
    ·         Stephen P. Robbins menyatakan bahwa Organisasi adalah kesatuan sosial yang secara sadar di koordinasi dan dengan sengaja disusun dan mempunyai batasan yang secara relatif dapat diidentifikasi dalam mencapai tujuan bersama

      Jadi,menurut pendapat saya organisasi adalah sebuah wadah/tempat dari sekumpulan orang yang memiliki satu tujuan yang sama.

Apakah organisasi itu penting? Menurut saya organisasi itu penting, karena manusia adalah mahluk sosial yang cenderung untuk hidup bersama – sama atau bermasyarakat. Tanpa adanya kerjasama menyebabkan mereka tidak mampu mewujudkan tujuannya karena keterbatasan kemampuan, oleh karena itu hal tersebut yang mendasari manusia untuk hidup dalam berorganisasi.

 Selain itu kita juga dapat berbagi ilmu atau bertukar pikiran kepada anggota organisasi tersebut dan kita juga diajarkan untuk menghargai pendapat orang lain. Dengan berorganisasi kita juga dapat menambah teman sehingga jika kita memiliki kesulitan akan saling membantu.

B. Ciri- ciri unsur organisasi
           
          Ilmu organisasi adalah ilmu yang penting dimiliki, karena dalam kehidupan kita tidak terlepas dari organisasi, dimulai dari yang sering kita digunakan dalam sehari – hari seperti dalam keluarga hingga struktur yang rumit seperti organisasi pemerintahan.

Ciri-ciri dari organisasi adalah :
    ·         Adanya komponen ( atasan dan bawahan).
    ·         Adanya kerja sama (cooperative yang berstruktur dari sekelompok orang.
    ·         Adanya tujuan.
    ·         Adanya sasaran.
    ·         Adanya keterikatan format dan tata tertib yang harus ditaati.
    ·         Adanya pendelegasian wewenang dan koordinasi tugas-tugas.
    ·         Adanya komunikasi antar suatu anggota dengan yang lain.

Menurut Berelson dan Steiner(1964:55) sebuah organisasi memiliki ciri-ciri sebagai berikut :
  Formalitas, merupakan ciri organisasi sosial yang menunjuk kepada adanya perumusan tertulis daripada peratutan-peraturan, ketetapan-ketetapan, prosedur, kebijaksanaan, tujuan, strategi, dan seterusnya.
  Hierarkhi, merupakan ciri organisasi yang menunjuk pada adanya suatu pola kekuasaan dan wewenang yang berbentuk piramida, artinya ada orang-orang tertentu yang memiliki kedudukan dan kekuasaan serta wewenang yang lebih tinggi daripada anggota biasa pada organisasi tersebut.
  Besarnya dan Kompleksnya, dalam hal ini pada umumnya organisasi sosial memiliki banyak anggota sehingga hubungan sosial antar anggota adalah tidak langsung (impersonal), gejala ini biasanya dikenal dengan gejala “birokrasi”.
  Lamanya (duration), menunjuk pada diri bahwa eksistensi suatu organisasi lebih lama daripada keanggotaan orang-orang dalam organisasi itu.

Namun berdasarkan pelajaran teori organisasi umum yang telah diajarkan, dalam catatan saya ciri –ciri organisasi meliputi :

  o   Lembaga sosial yang terdiri atas kumpulan orang denga berbagai pola interaksi yang di tetapkan.
  o   Dikembangkan untuk mencapai tujuan
  o   Secara sadar di koordinasi dan dengan sengaja disusun
  o   Mempunyai batasan yang secara relatif dapat diidentifikasi

Unsur – unsur Organisasi

    ·         Manusia
Dalam kehidupan organisasi atau ketatalembagaan sering disebut dengan istilah pegawai.
    ·         Kerjasama
Kerjasama merupakan suatu perbuatan bantu-membantu akan suatu perbuatan yang dilakukan secara bersama-sama untuk mencapai tujuan bersama
    ·         Tujuan bersama
            Tujuan merupakan arah atau sasaran yang dicapai. Tujuan menggambarkan tentang apa yang akan dicapai atau yang diharapkan. Tujuan merupakan titik akhir tentang apa yang harus dikerjakan.
    ·         Peralatan
    ·         Lingkungan
Faktor lingkungan misalnya keadaan sosial, budaya, ekonomi, dan teknologi. kebijaksanaan, strategi, anggaran, dan peraturan-peraturan yang telah ditetapkan.
    ·         Kekayaan alam
    ·         Kerangka/kontruksi mental organisasi

 C. Bentuk –bentuk bagan struktur organisasi

A. Bagan Horizontal
 Mengapa bagan tersebut di katakan horizontal? karena pada bagan tersebut jika semakin banyak jabatan-jabatan yang di buat dalam perusahaan tersebut maka bagan ini akan semakin luas menyamping         
Bagan Struktur Organisasi Berbentuk Horizontal

B. Bagan Vertikal
            Bagan vertikal adalah kebalikan dari bagan Horizontal. Bagan Vertikal pada umumnya bagan ini jika dalam perusahaan banyak sekali jabatan atau kepala-kepala bagian dari masing-masing divisi maka bagan ini akan semakin panjang ke bawah.

    Bagan Struktur Organisasi Berbentuk Vertikal

C. Bagan Lingkaran
Kenapa bagan ini berbentuk lingkaran? karna mungkin dalam suatu perusahaan memang sangat memiliki perbedaan tersendiri dalam menyusun bagian-bagian dari perusahaan itu tersebut oleh karena itu banyak sekali model bagan yang terbentuk. Pada model bagan ini jika setiap penambahan anggota maka bagan ini akan bertambah diameternya dan semakin membesar.

Bagan Struktur Organisasi Berbentuk Lingkaran

 D. Bagan Piramid
Bagan ini sangat mudah digunakan karna bentuknya seperti Piramid yang menempatkan bagian-bagian dalam perusahaan yang paling tertinggi di letakan pada bagian TOP dan untuk karyawan di letakan MID dan untuk Office Boy di letakan pada Bagian LOWER.
 Bagan Piramid
Menurut sumber yang  di dapatkan, pada umumnya bagan yang paling sering di gunakan adalah bagan Horizontal dan bagan Vertikal karena bentuk dan pola yang cukup simpel sehingga lebih mudah di mengerti oleh banyak orang.

Referensi





0 komentar:

Posting Komentar